Tips Transaksi Aman Dengan Kartu Kredit

Tips Transaksi Aman Dengan Kartu Kredit

Ada bebarapahal yang harus diperhatikan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit. Masalah yang kerap kali muncul pada saat menggunakan transaksi online adalah kasus penipuan dan pencurian data dari kartu kredit oleh para hacker.  Kasus-kasus tersebut tentu harus kita minimalisir dengan beberapa cara.

Apa Solusi Yang Diterapkan Agar Kartu Kredit Tetap Aman?

Berikut ini beberapa cara yang dilakukan agar kartu kredit kita tetap aman, diantaranya:

  1. Menggunakan kartu kredit pada situs tertentu

Saat menggunakan kartu kredit sebaiknya kita lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan banyaknya situs tertentu memungkinkan terjadi penipuan. Oleh karena itu, kita perlu mewaspadai situs-situs yang bisa menimbulkan penipuanserta percaya pada beberapa situs dirasa aman bagi kartu kredit yang digunakan.

  1. Memasukan data kartu kredit dengan aman

Pengecekan mengenai alamat website perlu untuk dilakukan sebelum melakukan transaksi pembayaran melalui kartu kredit. Data yang diberikan bagi situs online menjadi sangat penting karena berkaitan dengan bahaya yang akan dirasakan oleh pemilik kartu kredit bila alamat website salah.

  1. Jangan melakukan transaksi selain dari komputer pribadi

Hal ini mutlak untuk dilakukan, salah satunya agar terhindar dari penipuan. Karena apabila kita menggunakan komputer orang lain pada saat melakukan transaksi online maka data dari kartu kredit yang dimasukkan pada komputer tersebut biasanya bisa tersimpan. Maka dari itu, hal ini akan sangat berbahaya bagi pemilik kartu kredit yang berujung pada penipuan. Oleh karen itu, kita perlu menghindari transaksi online menggunakan komputer orang lain.

  1. Tidak melakukan transaksi di HP

Hp merupakna alat komunikasi yang selalu dibawa kemanapun kita pergi. Sekarang ini, Hp bukan hanya sekedar alat komunikasi. Karena berbagai layanan aplikasi telah tersedia didalamnya. Bagi pemilik kartu kredit hendaknya transaksi tidak dilakukan pada alat komunikasi ini. Karena boleh jadi, data mengenai kartu kredit yang diberikan secara otomatis akan tersimpan. Dan ini pun nantinya dapat menjadi sasaraan untuk para hacker yang berniat untuk mencuri data tersebut. Oleh karena itu,sebaiknya penggunaan transasksi online melalui Hp bisa kita hindari.

  1. Jangan menconba untuk menyimpan informasi kartu kredit pada situs jual-beli online

Saat melakukan transaksi online, sebaiknya kita segera menghapus informasi kartu kredit yang telah diberikan sebelumnya pada situs jual-beli online. Hal ini boleh jadi, data yang telah kita kirimkan dapat dilacak oleh hacker dan akan menimbulkan kerugian bagi pemilik kartu kredit.

  1. Hanya memberikan Informasi yang diperlukan mengenai kartu kredit

Saat memasukkan informasi mengenai kartu kredit, pemilik kartu kredit sebaiknya perlu memahami informasi apa saja yang perlu diberikan dan tidak perlu untuk diberikan. Hal ini dikarenakan informasi yang tidak diperlukan itu boleh jadi merupakan kunci untuk mencuri informasi mengenai kartu kredit tersebut. Tentu hal tersebut akan mebahayakan pemilki kartu kredit. Oleh karena itu, sebagai pemilik kartu kredit sebaiknya memberikan informasi yang diperlukan saja.

  1. Melindungi Komputer dengan aniti virus

Hal ini penting untuk dilakuakn para pemilik kartu kredit agar data mengenai kartu kredit yang dimilki tetap aman di dalamkomputer. Sehingga data atau informasi tersebut tidak dicuri oleh para hacker yang berusaha untuk mencoba melakukan penipuan atau bahkan perampokan uang dalam kartu kredit tersebut. Hal ini tentu harus sangat diperhatikan, mengingat pentingnya data dari kartu kredit.