Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Semua orang pasti ingin memiliki kartu kredit bijak. Apakah itu? Maksudnya adalah menggunakan kartu kredit dengan bijak. Kita sebut saja kartu kredit bijak, supaya simple. Kartu kredit memang dapat membantu memudahkan berbagai urusan kita.Dengan kartu plastik ini Anda bisa berbelanja dengan mudah, kapan dan di mana saja. Makan di restoran mahal hingga rekreasi. Bank akan menalangi dulu kebutuhan dana untuk memenuhi transaksi Anda. Selanjutnya, pada tanggal yang disepakati Anda harus membayar dana talangan dari bank yang telah dibayarkan sebelumnya.

Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan dari adanya kartu ini, bahkan ada banyak sekali orang yang memilikinya dalam jumlah yang banyak, banyak yang memiliki lebih dari dua atau tiga buah kartu plastikini sekaligus. Tetapi kartu kredit ini juga bisa menyebabkan Anda terjabak dalam hutang jika Anda tidak menggunakan kartu kredit dengan benar. Dari sinilah muncul masalah, banyak nasabah yang tidak segera membayar dana yang sudah digunakan pada tanggal tagihan sehingga bisa terkena bunga dan utang Anda tidak ada habisnya.Tidak peduli apa pekerjaan, jabatan, atau status, semua orang dapat mengalami masalah keuangan dengan kartu kredit apabila tidak bijak dalam menggunakannya.

Memilikinya dalam jumlah yang banyak memang tidak ada salahnya, terutama jika kartu-kartu tersebut memang memiliki manfaat yang baik di dalam kehidupan kita, di mana dengan menggunakan kartu ini bisa membuat berbagai urusan keuangan kita menjadi lebih mudah. Selama pemakaian kartu ini bagus dan pembayaran yang kita lakukan berjalan dengan lancar, maka memiliki sejumlah kartu kredit bukanlah sebuah masalah dalam keuangan. Namun, apa yang terjadi jika banyaknya kartu kredit yang Anda miliki justru menjadikan Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan?Semakin banyak kartu yang kita miliki, maka akan semakin sulit kita mengatur dan mengontrol penggunaannya. Lebih bijak jika kita hanya memiliki sejumlah kartu kredit yang memang benar-benar kita butuhkan saja sehingga dengan begitu kita tidak perlu menyimpan risiko penyalahgunaan ataupun pemanfaatan yang tidak maksimal atas kartu-kartu yang kita miliki.

Cara Penggunaan dan Pengelolaan Kartu Kredit dengan Bijak

  1. Upayakan bahwa Anda selalu membayar penuh tagihan setiap bulannya sebelum jatuh tempo. Ini akan lebih baik daripada mencicilnya. Bunga kartu kredit biasanya lebih tinggi. Jika Anda menunda-nunda untuk membayar bisa jadi dikenakan bunga yang berlipat-lipat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan menunda untuk segera membayar.
  2. Selalu hindari pembelian di tempat yang tidak bekerja sama dengan kartu kredit, sebab Anda bisa dikenakan charge 1% hingga 3% dari harga barang yang Anda beli.
  3. Abaikan tawaran merchant. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kartu kredit bijak. Penerbit kartu kredit biasanya bekerja sama dengan sejumlah merchant. Kerja sama ini digunakan untuk menggaet pemilik kartu kredit agar berbelanja di tempat mereka.
  4. Hindari menarik uang tunai. Penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 4-5% per bulan. Jika keuangan Anda hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, tentu bunga ini akan membebani diri sendiri. Anda menjadi tidak bisa berhemat.
  5. Manfaatkan kartu kredit untuk berhemat. Jika Anda sering bepergian ke luar kota untuk urusan bisnis atau pribadi, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk berhemat. Misalnya saja, Anda bisa memanfaatkan fasilitas airport lounge reward dari kartu tersebut untuk makan gratis di restoran elit yang ada di bandara tersebut.Sekalipun tidak gratis, Anda bisa mendapatkan potongan harga dari makanan tersebut.

Kartu kredit akan memberikan banyak manfaat jika Anda menggunakannya secara secara bijak. Terapkanlah cara di atas sehingga Anda mendapatkan manfaat dari kartu kredit Anda. Jika perlu, konsultasilah dengan keluarga atau perencana keuangan sebelum menggunakan kartu kredit Anda agar keuangan Anda tidak terganggu.